Jembatan Ampera di Sungai Musi.

jembatan ampera
Kota Palembang dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan sejarah budaya di Indonesia. Tentu kita semua ingat cerita kejayaan Kerajaan Sriwijaya yang mampu menguasai hampir sebagian besar wilayah Asia Tenggara. Bukti kejayaan Sriwijaya masih bisa kita saksikan di kota Palembang, Sumatera Selatan. Untuk mencapai kota Palembang, wisatawan bisa melalui jalur transportasi udara melalui bandara Sultan Mahmud Badaruddin di Palembang.


Jalan-jalan wisata ke kota Palembang pasti tidak akan jauh dari seputaran sungai Musi. Sungai Musi merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu hulu dan hilir. Di atas sungai Musi kita bisa menjumpai pasar terapung dan beragam aktifitas ekonomi warga setempat. Ada warung terapung, toko jualan pulsa terapung, pengisian BBM terapung, restoran terapung, dan lain-lain.

Di atas sungai Musi membentang Jembatan Ampera. Jembatan Ampera menghubungkan Kota Palembang bagian hulu dan hilir. Jembatan ini terlihat berkelap-kelip dan indah pada malam hari. Banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke Jembatan Ampera untuk menikmati sisi romantisme kota Palembang pada malam hari.

Berlibur ke Palembang pasti terasa belum lengkap kalau tidak mengunjungi Jembatan Ampera ini. Mumpung masih di kota Palembang, sempatkan diri untuk naik perahu dan mengunjungi Pulau Kemaro. Pulau Kemaro adalah pulau yang terletak di tengah-tengah sungai Musi. Menurut cerita yang beredar di masyarakat Palembang, asal-usul Pulau Kemarau berawal dari sepasang kekasih keturunan China yang saling mencintai dan tidak disetujui oleh keluarga mereka. Mereka melarikan diri ke Pulau Kemaro dan dimakamkan disana. Saat ini tempat wisata tersebut ramai dikunjungi turis.

Liburan ke kota Palembang akan terasa berkesan dengan menikmati sajian kuliner khas Palembang. Salah satu makanan tradisional Palembang yang banyak disukai oleh wisatawan adalah pempek. Jenis pempek yang kita kenal antara lain pempek kapal selam dan pempek lenjer. Pempek Palembang merupakan jajanan rakyat yang diolah dari ikan tengiri, tepung dan bumbu-bumbu tertentu. Ditambah dengan saus pempek yang asam dan manis, wisata kuliner ini terasa lezat di lidah.

Sumber http://ridwanaz.com

Artikel Terkait:

41 komentar:

  1. indahnya ..saya belum pernah menginjaknya :D
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya....slmt sore and salam persahabatan...

      Hapus
  2. kayanya santai sore di sungai musi enak kali yah bang.. oiya, sekali-kali posting soal bogor boleh juga nih yah.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungan and komentnya sob...salam...

      Hapus
  3. Memang jembatan AMPERA sangat terkenal ya bang,semoga saja masyarakat disana bisa menjaga kelestariannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pagi dan trimakasih komentnya...salam persahabatan...

      Hapus
  4. kapan yaa saya bisa kesana kang...??? hmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. diniatkan aja gan...semoga terlaksana...salam...

      Hapus
  5. Belum pernah ke Palembang sob...kalau ada kesempatan ke Palembang tentunya ingin melihat jembatan ampera ini.

    Mohon dukungan dan bantuannya sobat untuk mengKLIK G+1 dalam artikel IPHONE 5 GADGET IMPIAN dan semoga sobat berkenan membantu dan terima kasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya gan...salam..

      Hapus
  6. Sungai Musi, sering ane lewat sana. mksh infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih gan...salama persahabatan..

      Hapus
  7. Pict nya keren banget gan .. kapan ane kesana ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga keinginannya terlaksana gan...salam persahabatan...

      Hapus
  8. pingin kesana....

    Minta follbacknya ya...
    asal-kamu-tau.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  9. pingin kesana...

    Minta follbacknya ya...
    asal-kamu-tau.blogspot.com

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  11. Kalau dilihat gambarnya,memang sangat indah dan romantis,sayang sekali sampai saat ini saya belum ada kesempatan pergi kesini.Artikel yang menarik kawanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih komentnya sob...salam persahabatan..

      Hapus
  12. wiiiiiih indah nian sob klo liat waktu malam,,,,,mksh 4share

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  13. jembatan ini sangat terkenal sob, terima kasih sudah berbagi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob..trimakasih kunjungannya...salam..

      Hapus
  14. .: salah satu jembatan terindah di Indonesia...^_^

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. trimakasih kunjungannya and selamat sore...

      Hapus
  16. pengen kesana, tapi belom ada money nya :( hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga cepat terlaksana keinginannya sob...salam...

      Hapus
  17. emang seberapa besar gan ? sampe sampe temen ane ngefans sama ni jembatan, sampe sampe nama belakang dikasih "ampera" ._.


    BlogNdewo

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan..aku juga tahu kenapa ada nama ampera..yang jelas jembatan tersebut telah menjadi kebanggan kita bersama...salam..

      Hapus
  18. Wahh... indah benar tu gan
    pengen kesana, belum pernah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan...semoga keinginannya tercapai ...trimakasih komentnya..salam...

      Hapus
  19. Memang mantap....jadi kangen balek palembang.
    Makasih informasi nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan..trimakasih kunjungannya...

      Hapus
  20. mantap nih palembang, selain mpek2nya yang enak juga kotanya indah..
    thanks kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungan and komentnya sob...salam..

      Hapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.