Makanan Khas dari Bandung.

Peuyeum Khas Bandung

peuyem bandung
Bandung adalah daerah yang dikelilingi oleh pegunungan sehingga cuacanya dingin. Terkait dengan hal tersebut, menurut sejarahnya peuyeum Bandung banyak dibuat karena pada zaman dulu terdapat banyak pohon singkong di Bandung, maka orang-orang zaman dulu memanfaatkannya dengan cara mengolah makanan yang berbahan dasar singkong menjadi peuyeum, karena peuyeum dipercaya mampu menghangatkan tubuh. Khasiat tersebut didapati akibat hasil fermentasi. Peuyeum banyak dikenal sebagai tapai atau tape.


Makanan khas Jawa Barat ini merupakan salah satu kuliner Bandung yang sangat terkenal sejak dahulu hingga kini. Kata peuyeum itu sendiri berasal dari bahasa Sunda, orang sering menyebutnya peuyeum sampeu yang berarti tape singkong. Metode pembuatan peuyeum sampeu yaitu dengan cara mengukus singkong sampai matang kemudian ketika dingin ditutupi dengan ragi dan disimpan di wadah tertutup selama 2 – 3 hari. Ragi digunakan untuk memfermentasi berbagai jenis karbohidrat, salah satunya singkong sehingga menjadi peuyeum. Setelah itu peuyeum sampeu sudah bisa dimakan.

Makanan ini menggunakan cara fermentasi tradisional. Peuyeum bisa dibuat dari berbagai sumber karbohidrat lain contohnya seperti beras ketan. Peuyeum memang sangat terkenal di Bandung. Biasanya para pengunjung dan wisatawan, baik lokal dan bahkan turis mancanegara pada saat liburan atau berkunjung ke Bandung mereka selalu membeli peuyeum sebagai oleh-oleh baik untuk tetangga, kerabat, atau keluarganya di kota asal mereka.

Peuyeum yang bisa Anda temui di Bandung bukan hanya peuyeum sampeu, namun salah satu kuliner Bandung lainnya yang terbuat dari beras ketan dan prosesnya hampir sama seperti membuat peuyeum sampeu yang difermentasi dengan ragi yaitu peuyeum ketan. Peuyeum ketan pun banyak sekali peminatnya. Rasanya yang manis dan masam membuat ketagihan lidah sebagian orang. Namun, peuyeum sebenarnya bukan hanya berasal dari Bandung, daerah lain di Jawa Barat pun banyak yang membuat dan menyediakan aneka peuyeum sebagai makanan khasnya. Hanya karena peuyeum sempat fenomenal dan terkenal di Bandung, maka dari itu orang-orang lebih mengenal peuyeum Bandung.

Sayangnya saat ini kepopuleran peuyeum Bandung sudah banyak teralihkan dengan makanan lain yang lebih modern, seperti bolen dan brownies tentunya dengan penawaran rasa yang lebih bervariatif. Namun, beberapa orang kreatif mampu menggunakan peluang usaha di bidang kuliner, dan mengolah peuyeum Bandung menjadi makanan yang lebih menarik, seperti peuyeum bol. Peuyeum ini merupakan makanan berbahan dasar tepung terigu dan peuyeum sampeu (tape singkong) yang kemudian digoreng berbentuk bola-bola dengan ditaburi gula tepung halus.

Ada lagi colenak (kepanjangan dari: dicocol enak).
colenak
Kuliner bandung ini disajikan dalam bentuk potongan peuyeum sampeu yang dibubuhi bumbu kinca kelapa (gula merah yang dilarutkan dan dicampur dengan kelapa parut). Dengan begitu penikmat peuyeum Bandung tidak pernah surut. Bahkan salah satu penganan favorit kebanyakan orang seperti brownies kini sudah bisa dikombinasikan dengan makanan tradisional peuyeum sampeu, maka namanya menjadi brownies peuyeum. Anda bisa mudah menemukan jejeran penjual peuyeum sampeu di sepanjang jalan Cihampelas Bandung dan di beberapa toko oleh-oleh khas Bandung. Bahkan di pinggiran jalan lintas kota Bandung, penjual peuyeum Bandung masih mudah Anda temui.

Sumber : http://rulynakula12.blogspot.com

Artikel Terkait:

108 komentar:

  1. Waah kalau diamati sebetulnya jenis peuyeum di Jawa Barat atau di Jawa Timur sama OM. Kalau peuyeum di Jawa Barat singkongnya utuh2, pi kalau di Jawa Timur singkongnya dipotong2, baru kukus dan diragi. Untuk peuyeum ketan sama OM. Kalau peuyeum Bol di Jawa Timur namanya RONDO ROYAL. Emang orang lebih banyak suka makan RONDO ROYAL ini OM. Peuyeum atau tape singkong di Jawa Timur lebih sering diproduksi saat2 bulan puasa sedangkan tape ketan lebih sering muncul kalau ada hajatan pernikahan. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih infonya sob sebagai tambahan wawasan..trimakasih juga komentnya...salam..

      Hapus
  2. Wow ane suka banget itu bang apalagi siomaynya wow mantep banget, thanks udah mampir n comment di blog saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih bang..apa lagi tu peuyem goreng disantap pake kopi di pagi hari mantap...slmt siang.....

      Hapus
  3. kok cuma gambar aja mas, kirimin donk :)

    BalasHapus
  4. Wah... ini peuyem kalau dibuat es campur rasanya bener-bener segar... siang-siang gini bayangin peuyem dengan campuran kaloang-kaling+tape ketan hitam+cendol+apukat...... eeemmmm segarrrrnyaaaa...

    BalasHapus
  5. Bagus gan.. sangat membantu
    ditungggu kunjungan baliknya
    http://AndySites.Blogspot.com

    BalasHapus
  6. Bagus gan.. sangat membantu
    ditungggu kunjungan baliknya
    http://AndySites.Blogspot.com

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...slmt siang...

      Hapus
  8. Benar Sekali,Kemarin Baru Dari Bandung Dan Makann Ini Memang Paling Banyak Ditemu Disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sob...tentu dibeli buat oleh2...trimakasih..slmt malam..

      Hapus
  9. Weww info yang menarik nih mas soal kuliner bandung... baru tahu saya malahan maklum saya sama sekali blm pernah ke bandung malahan hehehe.. jd lain kali klo pas ke bandung bisa di coba nih kulinernya. apalagi yang colenak (kepanjangan dari: dicocol enak). dari namanya saja unik jadi penasaran mas pengen sesekali nyoba. Nice share mas bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti enak dong sob..smg niatnya kesampaian...trimakasih kunjungannya ..slmt malam..

      Hapus
  10. Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob..salam persahabatan...

      Hapus
  11. Bapak saya suka beli tape/peyeum, saya suka kalo diberi tepung lalu digoreng, enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. disantap dengan diiringi kopi dipagi hari sob..enaaak...trimakasih sob...salam..

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum , ada award buat mas, silahkan di ambil yach?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam sob..Insyaaloh akan ku ambil..trimakasih...

      Hapus
  13. kelaman ngerantau, ngebaca ini, langsung pengen pulang kampung.

    btw nice info gan (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. rindu sama tape sob..kampung halaman jangan dilupain sob...salam..

      Hapus
  14. ijin nyemak sob.. thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan sob...salam persahabatan...

      Hapus
    2. Oke sob,, Terima kasih atas kebolehannya untuk menyimak blog sobat :)

      Hapus
  15. Kunjungan gan, Info yang mantap nih soal kuliner khas bandungnya hmmmm baru tau saya malahan. Btw asli bandung ya mas bro?? salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob..aku sendiri orang betawi atau jakarta..cuma sering aja makan tape dan memang kesukaan saya....hehehe...

      Hapus
  16. apa sama dengan tape bondowoso ini sob kelihatanya sama2 dari ketela pohon terus di kasih ragi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob peuyem terbuat dari ketela atau singkong yang dikasih ragi..mungkin tiap wilayah namanya berbeda...trimakasih sob kunjungannya...

      Hapus
  17. Seddap nya btul, ubi kayu ni banyak sangat di kampung sya...Terima kasih u jalan2 di blog sya! http://pakitong.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo banyak ubi kayunya bisa dibuat peuyem atai tapai sob..trimakasih kunjungannya...salam..

      Hapus
  18. di kampungku juga ada :) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya....mungkin cuma namanya saja yang beda sob..thanks..

      Hapus
  19. Biasanya aku suka makan BATAGOR bang..hahhahayyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah siip tu bang batagornya...trimakasih kunjungannya...salam..

      Hapus
  20. .: tempat ane juga ada Sob, dipotong kecil2 dan lebih lembek namanya tape singkong...^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...slmt pagi..

      Hapus
  21. Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...slmt malam...

      Hapus
  22. memang kuliner bandung sangat mak nyus sekali kawan . apa lagi cireng nya . asyik banget itu kawan kl di makan bareng teh hijau puncak :D

    BalasHapus
  23. trimakasih kunjungannya sob...salam..

    BalasHapus
  24. siang yang panas jadi pingin itu :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  25. Wah, panganan ini emang enak banget sob, kebetulan saya sering jajan peuyeum ini. Udah rasanya enak, harganya juga murah pisan! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih kunjungan dan komentnya sob...slmt siang..

      Hapus
  26. Balasan
    1. ia sob...saya dulu kalo keluar kota sering mampir di Bandung atau Purwakarta cuma buat beli tape itu..siip..trimakasih ...slmt siang...

      Hapus
  27. wew enak kelihatan tuh gan... blogtalking gan ..visit + koment nya gan

    http://www.kliklihat.com/2013/02/submit-link-exchange-kliklihat.html#.UQ-cca6hrKQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya gan...salam..

      Hapus
  28. izin nyimak artikel menarik ini...kunjungan perdana selesai d laksanakan...d tunggu kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih responnya sob...salam persahabatan...

      Hapus
  29. Makanan Khas dari bandung memang Senua enak, aku juga lebih suka dengan makanan Bandung.
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...slmt sore..

      Hapus
  30. kalau di makassar namanya POTENG sobat, dan sudah mulai hilang juga ditelan modernisasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sob...lain daerah mungkin beda nama...kalo di Jawa Barat peuyem itu masih eksis...trimakasih kunjungannya..salam...

      Hapus
  31. Salam kenal untuk semuanya mari terus saling berbagi dan komen satu sama lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali sob...trimakasih kunjungannya...salam persahabatan....

      Hapus
  32. Memang dulu tape bandung sangat terkenal,setiap jalan-jalan dari bandung pasti oleh-olehnya tape bandung.Sekarang sudah berubah bang haji,orang lebih kenal brownis sama kartika,Tapi yang paling manteb cuma batagor sama colenak,maknyus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sob..mungkin sesuai dengan keadaan zaman...trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  33. ane enggak pernah ke bandung sob ,kapan2 kesana buat nyobain makanan khas bandung ..hehehe ,mampir balik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila ada waktu silahkan kunjungi kota Bandung..alamnya dan makanan khasnya menakjubkan...salam..

      Hapus
  34. Wah keren2 artikelnya....
    ijin copas di http://angkringan.org/ ya bos
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah sobat ..artikel disinipun hasil kopas juga...trimakasih responnya...salam persahabatan..

      Hapus
  35. boleh juga nih... artikel nya lebih kompilt lagi ya gan... sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya ya gan..salam persahabatan..

      Hapus
    2. mantab mas artkelnya saya ngeliat gambarnya aja ape ngiler nich heee,, resepnya juga pas saya coba cukup membuat saya nafsu makan

      Hapus
  36. wah kayaknya mantap nich gan,... mo cobalah kpan2,... salam kenal dari MANIAK SOFTWARE PC

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan mantap..apalagi makannya sambil online...siiip...trimakasih gan..slmt malam..

      Hapus
  37. ada lagi makanan khas bandung.. karedok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob..aku sering makan makanan jenis ini..enak..trimakasih sob...salam..

      Hapus
  38. Balasan
    1. ia sob..dari bahan yang sederhana, yaitu ketela pohon, bisa diolah menjadi makanan yang lezat..trimakasih sob...salam..

      Hapus
  39. Benar sobat..., peuyeum memang mangtabz dari penyajian tradisionil colenak sampai yang modern cake peuyeum, pokonamah hebringz we lah..., thx 4 share.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob, aku saja yang orang Jakarta kalo ke Bandung pasti yang dicari peuyemnya, sebagai oleh2..trimakasih sob..slmt siang..

      Hapus
  40. malah pengen nyoba mass. hehee

    jangan lupa berkunjung ke blog saya ya mass..
    aq juga udah join blog sobat ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  41. Wah mantap infonya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob..slmt siang..

      Hapus
  42. saya suka pisan peuyeum sampeu..
    mantaap pisan.
    di Cianjur juga banyak kang.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia kang..saya yakin yang namanya orang Jawa barat pasti suka..trimakasih kang...salam..

      Hapus
  43. kayaknya enak tuch buat sarapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti gan..buat temen ngopi di pagi hari...salam..

      Hapus
  44. kebetulan ane laper, nyari warung blum ada yang bukak kwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  45. sudah lama tidak pernah makan peyeumh sampeu, alias tape tea,, hheueu.. coba akh.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dilupakan makanan khas gan..trimakasih kunjungan and responnya...salam..

      Hapus
  46. Itu sama dengan tape kalau di jawa namanya ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan..di jakarta juga namanya tape..trimakasih kunjungannya and slmt malam..

      Hapus
  47. wah boleh nyoba nie kalo ke bandung

    BalasHapus
  48. Wahh enak - enak tuh kang ,
    absen siang di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  49. salam kenal gan blogger baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali gan...trimakasih kunjungannya...salam..

      Hapus
  50. Peuyeum Bandung paling enak, saya suka banget udah lama nggak ngerasain lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sob..sayapun suka sekali..kl kedaerah bandung tak terlupakan membelinya sebagai oleh2...trimakasih..salam..

      Hapus
  51. kalo peuyeum di tempat saya namanya TAPE sob, tapi bukan TAPE RECORDER ya sob.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia sob...sobat ada2 saja..hahaha..trimakasih kunjungannya ..salam..

      Hapus
  52. Bagi pasutri kehadiran momongan adalah salah satu penambah kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga, dan buat pasangan yang belum memiliki momongan dan sedikit kesulitan, pastinya berbagai usaha dan upaya kita lakukan agar cepat hamil, dan segera memiliki momongan,
    Beberapa pasangan yang baru menikah, terkadang tidak sabar untuk menimang momongan. Para suami ingin istri mereka hamil sedini mungkin. Berukut ini beberapa cara agar cepat hamil dalam sebulan bisa mengikuti langkah langakah agar cepat mendapatkan momongan yang di ambil dari situs ,Boldsky. Dimana berdasarkan tulisan disana jika anda mengikuti tips cara agar cepat hamil ini dalam sebulan bisa mendapatkan momongan


     Periksa siklus menstruasi Anda: Untuk bisa hamil, setiap wanita perlu memiliki siklus menstruasi yang teratur. Menstruasi yang tidak teratur mempengaruhi sistem reproduksi Anda. Anda bisa mengonsumsi makanan yang meningkatkan siklus menstruasi Anda.
     Menjaga kalender ovulasi: Ovulasi atau masa subur adalah waktu terbaik untuk hamil. Jika Anda ingin cepat hamil, Anda bisa memprogramnya pada hari-hari Anda berovulasi. Normalnya, siklus ovulasi terjadi pada hari ke-14 dari siklus haid Anda.
     Sertakan asam folat dalam makanan Anda: Asam folat kaya akan vitamin prenatal. Nutrisi ini dapat meningkatkan proses kehamilan. Asam folat juga mengurangi kemungkinan keguguran atau cacat lahir. Masukan juga asparagus, buah jeruk, kacang merah, brokoli, biji-bijian dan sereal agar Anda bisa hamil dalam sebulan.
     Bercinta 2 hari sekali: Bercinta setiap hari malah akan mengurangi kualitas dan kuantitas sperma yang dibutuhkan untuk hamil. Cobalah posisi seks yang dapat membuat sperma masuk lebih ke dalam. Misalnya, posisi pria di atas memungkinkan penetrasi lebih dalam dan membuat istri mudah hamil.
     Olahraga: Kegemukan sangat mempengaruhi kehamilan. Dengan berolahraga, Anda tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga membuat organ-organ tubuh tetap aktif.
    Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak sepuatar kehamilan dan ingin segera punya momongan.silahkan miliki Buku Cara Cepat Hamil Dari Dr.Rosdiana Ramli,SpOG.

    Kenapa saya rekomendasikan buku panduan cara cepat hamil ini:
     yang pertama,karena buku ini ditulis langsung oleh dr.Rosdiana Ramli,SpOG yang memang terkenal ahli dalam bidang kehamilan.
     kedua,karena buku ini telah banyak mewujudkan impian keluarga yang ingin sehgera memiliki momongan.
     ketiga,karena buku ini menjadi buku best seller dan penjualn terbanyak dalm hal kehamilan.o
     keempat,karena adanya konsultasi gratis langsung dengan dr.Rosdiana Ramli,SpOG

    Untuk penjelasan lebihnya dan cara pemesanan silahkan langsung kunjungi websitenya.

    BalasHapus
  53. senang sekali bisa berada dihalaman yang sangta luar biasa dan terima kasih abnyak atas infonya dan semoga semakin suksek dan maju!!!

    BalasHapus
  54. halaman yang sangat informatif dan memberikan wawasan serta artikelnya enak untuk dibaca . . .sungguh beruntung berada dihalaman seperti ini dan semoga lebih baik lagi kedepannya!!!

    BalasHapus
  55. http://goo.gl/EzvDO4
    http://goo.gl/BL44FZ
    http://goo.gl/OYB45F
    http://goo.gl/mZpzgo
    http://goo.gl/ah0PG

    BalasHapus
  56. http://goo.gl/EzvDO4
    http://goo.gl/BL44FZ
    http://goo.gl/OYB45F
    http://goo.gl/mZpzgo
    http://goo.gl/ah0PG

    BalasHapus
  57. http://goo.gl/V4kN i
    http://goo.gl/6sYM3
    http://goo.gl/K6lVaw

    BalasHapus
  58. Jadi ngileer ne gan..!!
    hehehe

    BalasHapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.