Kayangan Api

kayangan api
Kayangan Api Adalah berupa sumber api yang tak kunjung padam yang terletak pada kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem,Kabupaten Bojonegoro,Jawa Timur. sebuah desa yang memiliki kawasan hutan sekitar 42,29% dari luas desa. Menurut cerita, Kayangan Api adalah tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe berasal dari kerajaan Majapahit. Di sebelah barat sumber api terdapat kubangan lumpur yang berbau belerang dan menurut kepercayaan saat itu Mbah Kriyo Kusumo masih beraktivitas sebagai pembuat alat-alat pertanian dan pusaka seperti keris, tombak, cundrik dan lain-lain.


Sumber Api, oleh masyarakat sekitarnya masih ada yang menganggap keramat dan menurut cerita, api tersebut hanya boleh diambil jika ada upacara penting seperti yang telah dilakukan pada masa lalu, seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengku Buwono X dan untuk mengambil api melalui suatu prasyarat yakni selamatan/wilujengan dan tayuban dengan menggunakan fending eling-eling, wani-wani dan gunungsari yang merupakan gending kesukaan Mbah Kriyo Kusumo. Oleh sebab itu ketika gending tersebut dialunkan dan ditarikan oleh waranggono tidak boleh ditemani oleh siapapun. Dari berbagai sumber cerita, maka Kayangan Api yang letakya sekitar 25 km dari ibukota Bojonegoro dijadikan sebagai obyek wisata alam dan dijadikan tempat untuk upacara penting yakni Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro, ruwatan masal dan Wisuda Waranggono. Tempat wisata ini telah dibenahi dengan berbagai fasilitas seperti pendopo, tempat jajanan, jalan penghubung ke lokasi dan fasilitas lainnya.

Lokasi kayangan api sangat baik untuk kegiatan sebagai lokasi wisata alam bebas(outbound). Dan pada hari-hari tertentu terutama pada hari Jum'at Pahing banyak orang berdatangan di lokasi tersebut untuk maksud tertentu seperti agar usahanya lancar, dapat jodoh, mendapat kedudukan dan bahkan ada yang ingin mendapat pusaka. Acara tradisional masyarakat yang dilaksanakan adalah Nyadranan (bersih desa) sebagai perwujudan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa. Pengembangan wisata alam Kayangan Api diarahkan pada peningkatan prasarana dan sarana transportasi, telekomunikasi dan akomodasi yang memadai. Kunjungan ke obyek wisata.

Sumber www.wisatanesia.com

Artikel Terkait:

27 komentar:

  1. sungguh indahnya indonesia.walaupun aku tak pernah jejakkan kaki ku kat sana.melihatkan gambar di blog ini,pemandangan dan tempat-tempat yang menarik..itulah indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam persahabatan...

      Hapus
  2. Dekat dengan rumah saya soB. hehe..., Memang disayangkan Pemerintah Bojonegoro kurang memperhatikan sektor pariwisata kalau menurut saya pribadi. Akses jalan ke Kayangan api terutama dari arah Timur masih rusah parah, entah kalau sekarang soB, soalnya lama gak melihat situasi disana.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. smg dimasa datang Pemerintah Daerah lebih memberdayakan obyek wisata, sebab bisa menjadi salah satu sumber pendapatan. Trimakasih komentnya sob...salam..

      Hapus
  3. Subhanallah..itulah kekuasaan Tuhan ya bang,Insyaallah kalau ada rezeki mau maen kesana.

    BalasHapus
  4. Subhanallah..itulah kekuasaan Tuhan ya bang,Insyaallah kalau ada rezeki mau maen kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya gan...smg ada rezkinya...salam...

      Hapus
  5. ternyata diindonesia ada sumber api abadi juga ya....?hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih kunjungannya sob...salam

      Hapus
  6. Kunjungan Blog ke 446
    hehe Jgn lupa om Mampir Balik

    BalasHapus
    Balasan
    1. o k ..sob..trimakasih kunjungannya..salam persahabatan..

      Hapus
  7. Sampai sekarang tempat ini masih dikeramatkan ya. Saya belum pernah melihat sumber api di manapun, jadi ingin berkunjung, sayang jauh dari domisili :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kesampaian niatnya sob..trimakasih komentnya...salam..

      Hapus
  8. Wah... jadi ga usah beli gas atau minyak tanah bagi warga disana gan tinggal bawa alat masak aja begitu mateng santap ditempat dunk...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia ..keuntungan untuk warga sekitarnya...trimakasih kunjungannya...salam..

      Hapus
  9. Postingan yang bagus gan, ane udah follow blognya FOLLOWback di www.baru-terupdate.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  10. Nah ini yang dishare temenq di facebook...
    udah saya follow mas atau pak ini? follow balik ya
    Dangdut Koplo

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih sob..salam persahabatan...

      Hapus
  11. Good Post Thnax
    Get Free Download Softwares with key
    LQPonline. blogspot.com provides free downloads for Windows ,WORLD Best Site for,Solve your Computer Problems, Download Free Register Software & Games, Make Money Online, Learn Complete Computer Softwares and Computer Tips in Urdu Language with Video.
    LQponline.blogspot.com I like
    Free Download EA Sports Cricket 2012 Full Version For Pc
    ea sports fifa 2012 free download full version for pc
    ea sports fifa 2012 free download
    speedupmypc 2013 serial number

    BalasHapus
  12. WOW ., :)
    gak nyangka kalo indonesia uga punya keindahan kayak gtu :)kunjungan baliknya kawan ane tunggu disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  13. Makasih info nya gan, pengen travelan kesana.
    recomended blog!

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga keinginannya tercapai sob...salam..

      Hapus
  14. wah terimakasih kawan atas info wisatanya kapan-kapan kalau saya ke jawa timur akan nyempetin kesana kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. smg niatnya cepet terlaksana sob..trimakasih kunjungannya...slmt pagi...

      Hapus
  15. wah keajaiban tu gan,..!!
    thank infonya gan

    BalasHapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.