Wisata Pulau Banda.

Berwisata dan Menyelam di Pulau Banda, Maluku


Pulau Banda merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang terkenal di Indonesia untuk para penyelam. Baik penyelam yang ahli maupun yang pemula akan menikmati area menyelam mulai dari area dengan kedalaman yang dangkal antara Banda Neira dan Gunung Api sampai dengan tembok vertikal di Pulau Hatta. Pulau Banda menawarkan pemandangan tropikal yang mempesona, sebuah cerita yang tidak akan terlupakan, penduduk yang ramah, dan beragam karang laut yang asli.Kegiatan scuba adalah kegiatan baru yang terdapat di pulau ini, namun pionir penyelam tidak memerlukan kerja keras untuk sensasi scuba ini. Kehidupan bawah laut sekitar Ambon dan pulau terdekat Saparua memiliki beberapa tempat menyelam dengan rating tinggi. Selain adanya tembok karang, kehadiran kehidupan laut yang besar: ikan hiu, kura-kura, sekelompok Napoleon Wrasse, ikan dengan kelompok besar, tuna, dan lobster yang besar, menemani berbagai kelompok ikan batu karang.

Pulau Banda, terletak kurang lebih 132 Km sebelah Tenggara Ambon, terdiri dari tiga pulau besar dan tujuh pulau kecil, di ketinggian pinggiran laut terdalam Indonesia, Laut Banda. Dekat dengan Pulau Manuk, kedalaman air mencapai lebih dari 6.500 meter. Dari ketiga pulau terbesar: Pulau Banda, Pulau Banda-Neira, dan Pulau Gunung Api, dua pulau pertama ditutupi dengan pohon pala dan vegetasi lain, sedangkan pulau ketiga, tidak ditumbuhi pepohonan dan bertanah volkanik. Laut sekitar Banda merupakan tempat yang paling terkenal dengan taman laut Malukunya dengan karang yang cerah dan ikan yang berwarna-warni berada dalam air yang jernih seperti kristal dan membuatnya sanagat cocok untuk menyelam, snorkel atau hanya untuk melihat-lihat saja.

Tempat Menyelam Pulau Banda:

Sonegat :
Tempat menyelam terdekat untuk seorang penyelam yang baik hanya lima menit dari hotel bila menggunakan perahu. Terletak di Sonegat-sea arm ” antara banda Neira dan Gunung Api, hanya lepas pantai dari sebuah rumah tepi pantai yang kecil milik Des Alwi, anak paling terkenal pemilik Banda. Kedalaman airnya curam dan temboknya meluas 25 meter ke ujung pantai. Terdapat sedikit ikan di daerah ini, namun sebuah ukuran yang bagus dari dogtooth tuna terdapat di daerah ini dan beberapa ikan blue girdled dan emperor angelfish yang cantik juga terdapat disini.

Keraka Island :
Pulau Keraka atau Pulau Kepiting hanya beberapa menit saja, dan melindungi jalan lintasan pintu utara Pulau Neira-Gunung Api. Sebuah hamparan pasir di pesisir utara sangat cocok untuk piknik. Di sebelah selatan pantai, terdapat beberapa mini-wall setinggi 18 meter yang ditutupi dengan ratusan large blue and yellow tunicates. Beralih ke arah timur pantai, Anda dapat melihat di kedalaman 10 meter, bermacam-macam ikan batu karang dan sekelompok barracuda sepanjang setengah meter.

Sjahrir Island dan Batu Kapal :
Pulau Sjahrir atau yang dulu dikenal sebagai Pulau Pisang dan Batu Kapal hanya 20 menit dari hotel di Banda-Neira dengan menggunakan perahu. Dua tempat ini terkombinasi dengan baik untuk kegiatan menyelam pagi hari, seuah piknik di pantai, dan kegiatan menyelam sore hari.

Gunung Api :
Pada Bulan May, 1988, ledakan dari gunung ini telah membunuh hampir semua formasi karang lepas pantai yang terdapat di sekitar Gunung Api, tetapi yang menakjubkan menyebarkan beragam bunga karang. Beberapa karang mulai tumbuh kembali, namun bentang alam laut yang besar masih menyisakan kepucatan karena tidak adanya tembok di Gunung Api. Kemiringan dasar laut mencapai 30-35 meter.

Lontar Island :
pagar terluar dari Pulau lontar, yang mewakili bagian pinggiran sebuah sunken caldera, menawarkan beberapa tempat menyelam yang baik.

Batu Belanda :
Di tempat ini, Anda akan menemukan beragam barrel dan tube sponge, dan gua-gua kecil dan celah. Ikan yang berada di daerha ini sangat bervariasi dan beragam: sekelompok snappers, large emperor, dan blue-girdled angelfish, wrasses, large pinnate bat-fish dan beragam bannerfish.

Ai Island :
Bersama dengan Pulau Hatta, pulau ini menawarkan tempat menyelam terbaik di Pulau Banda. Baik di pantai utara dan selatan dan barat dari Pulau Ai, dikelilingi dengan tembok karang yang sempurna, yang tidak datar dan penuh dengan gua-gua, habitat dari harbors fish.

Hatta Island :
Pulau Hatta hanya 25 Km dari Pulau Banda-Neira. Skaru atoll dan sebuah karang di bawah permukaan air laut dapat ditemukan beberapa ratus meter dari sebelah selatan Pulau Hatta. Pada sebuah karang yang muncul pada permukaan bumi, Anda dapat melihat parade dari unicornfish, Fusiliersm Jack Fish, dan Rainbow Runners, sering terlihat juga Whitetip Sharks (sepanjang 2 meter) dan Dogtoothed Tuna, napoleon Wrasse, dan Hawksbill Turtles.

Selengkapnya simak www.e-kuta.com



Artikel Terkait:

21 komentar:

  1. wah, indahnya pulau bunda
    dengan dipagari oleh gunungapi pula

    BalasHapus
  2. @earth-inside slmt siang gan..trimakasih komentnya...salam..

    BalasHapus
  3. @Coretan Pemula slmt malam gan..trimakasih komentnya..salam..

    BalasHapus
  4. indonesiaku indah... indonesiaku penuh pesona.

    sayang kalo indonesia yg tercinta ini tak dijaga kelestarian alamnya...

    thanks dah berbagi y sob.

    BalasHapus
  5. @Jejak Puisislmt pagi sob...tugas kita sebagai warganegara untuk menjaganya..salam..

    BalasHapus
  6. keindahan alam indonesia emang "TOP BGT" dan tugas kita sebagai anak bangsa untuk menjaga dan melestarikannya!

    BalasHapus
  7. @Bocah Ningrat slmt pagi..setuju dengan pendapatnya gan..memang seharusnya begitu...salam..

    BalasHapus
  8. Wahh banyak bangett tempat menyelammnya boss, ayo kita jaga keindahan alam yang kita miliki pokoknya jangan sampe keindahan kita nodai dengan tingkah laku kita yang ditak terpuji. keep clean for indonesia. salam kenal

    BalasHapus
  9. @Si 7og4nK oke gan..aku setuju dengan saran agan..kalo bukan kita bangsa Indonesia ..siapa lagi yang harus melestarikan dan menjaganya..trimakasih komentnya...salam..

    BalasHapus
  10. absen sore di cuaca tidak mendukung sob. kapan ya saya bisa ke laut banda maluku, pulaunya indah-indah lagiiiii

    BalasHapus
  11. Seharusnya ada foto2nya nih gan, biar jelas....

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pagi...trimakasih kunjungan dan komentnya gan..salam..

      Hapus
  12. pagi, semoga hari ini berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pag...amiin...trimakasih kunjungan dan komentnya..salam...

      Hapus
  13. Balasan
    1. trimakasih kunjgannya...salam persahabatan..

      Hapus
  14. blogwalking here, please visit me back dear, thanks :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya..salam..

      Hapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.