Wisata Indonesia.

Aneka Wisata Indonesia

Tanah air Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau baik yang besar maupun yang kecil tentunya mempunyai keanekaragaman dari mulai bahasa, adat istiadat, tekstur tanah, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang menarik dari indonesia adalah berbagai macam obyek wisata yang sangat banyak mulai dari :
1. Wisata adventure
2. Wisata Agro
3. Wisata Air
4. Wisata Budaya
5. Wisata gunung
6. Wisata Legenda
7. Wisata Museum
8. Wisata Pantai
9. Wisata Kerajinan
10. Wisata Taman Nasional

1. Wisata Adventure
Arung Jeram, Rafting, Diving adalah tempat yang cocok bagi orang yang senang tantangan dan petualang. Banyak tersebar wisata adventure di Indonesia ini, sobat bisa berarung jeram di Sungai Alas di Aceh. Sobat bisa pergi Pulau Sangalaki di Kalimantan Timur disana terdapat taman laut yang sangat indah.

2. Wisata Agro
Wisata Agro adalah wisata yang mendekatkan diri dengan alam dimana pengunjung diajak berinteraksi di dalamnya dan bisa terlibat sehingga menimbulkan kepuasan tersendiri, contohnya bisa ikut memetik dan menikmati hasil alam yang ditawarkan. Apalagi sekarang banyak sekali wisata agro yang ditawarkan.
Dulu waktu saya kecil bisa merasakan nikmatnya naik kerbau yang sedang membajak sawah, tetapi anak-anak sekarang tidak lagi bisa merasakan hal tersebut maka diciptakantaman wisata Agro, dimana anak-anak kita bisa menikmati hal yang sama seperti yang dialami para orang tua dulu, tapi tentunya akan beda karena kalau dulu ingin naik kerbau tidak perlu bayar beda dengan yang ada di Wisata Agro.

3. Wisata Air
Siapa bilang Indonesia minim air? Indonesia adalah belahan bumi yang paling banyak airnya, mulai dari lautan, sungai, danau dan semua itu tak kalah menariknya karena dari perairan tersebut ternyata banyak sekali objek-objek wisata yang bisa dikunjungi. Dari mulai danau, air terjun, sungai dan kolam Waiselaka yang tekenal dengan belut yang ada didalamnya sepanjang 1,5 M.

4. Wisata Budaya
Wisata budaya adalah wisata yang dikemas agar pengunjung lebih mendekatkan diri dengan mengenal sejarah bangsa baik dari aneka masakan, tarian dan juga bangunan kuno. Media Wisata mendekatkan bangsa dengan ragam kekayaan budaya lokal. Berbagai tempat wisata budaya yang bisa dikunjungi salah satunya Rumah Aceh, Kampung Naga, Istana Maimun, Istana Pagaruyung, Istana Siak.

5. Wisata Gunung
Wisata Gunung di Indonesia banyak juga tidak kalah dengan negara lain, kenapa harus pergi jauh-jauh kalau di negeri sendiri saja masih ada yang menarik. Sobat bisa mendaki di gunung Leuseur suatu hutan tropis yang masih perawan di Aceh, ada Brastagi di Sumatera Utara. Siapa yang tidak kenal Lembah Arau yang ada di Padang, ngiarai sianok, dataran tinggi Dieng, dan masih banyak lagi.

6. Wisata Legenda
Tempat Wisata yang membawa pengunjung ke tempat-tempat peninggalan bersejarah tempo dulu, baik berupa bangunan hasil ciptaan manusia atau juga kisah legenda suatu daerah tertentu misalnya yang merupakan legenda suatu daerah adalah Gunung Tangkuban Perahu, Batu Belah.

7. Wisata Museum
Kalau ingin mengetahui terbentuknya atau terjadinya suatu peristiwa, Daerah atau Negara maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke Museum terlebih dahulu, karena disitu terletak suatu tradisi, kebiasaan, ciri dari suatu daerah atau negara tersebut. Banyak sekali museum – museum yang bertebaran di Indonesia juga mulai dari Museum Negri Aceh, Museum Adityawarman di Sumbar, Sang Nilla Utama di Riau, Museum Asia Afrika di Bandung.

8. Wisata Pantai
Pantai merupakai tempat yang indah, damai dan sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan, maka tak heran yang mempunyai penyakit asma juga dianjurkan untuk pergi ke pantai. Hamparan pantai akan terasa menenangkan jiwa, kita bisa berteriak sepuas-puasnya. Kenali alam pantai yang kita punyai ternyata hampir sekeliling haparan daratan Indonesia dikelilingi pantai. Kita punya Kalianda, Pasir Putih, Parai Tengiri, Pantai Panjang, karang Bolong

9. Wisata Kerajinan
Kalau pergi berwisata ke suatu daerah jangan lupa sempatkan untuk membawa oleh-oleh dengan pergi ke tempat wisata kerajinan. Aneka ragam hasil dari tangan-tangan penduduk daerah yang unik dan menarik serta kualitas yang bagus pula. Kerajinan batik tulis Jambi bisa juga untuk dibawa pulang dan tak lupa kalau pergi ke Palembang bisa melihat Tenun Songket Palembang. Bila ingin pernak pernik yang terbuat dari anyaman bisa berkunjung ke Rajapolah yang ada di Tasikmalaya.

10. Wisata Taman Nasional
Suatu kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi. Indonesia mempunya 45 buah Taman Nasional yang tersebar di 6 Zona yaitu zona Pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi serta Maluku dan Papua.

Taman Nasional yang ada di 6 Zona tersebut adalah :
1. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh di Riau, Way Kambas;
2. Taman Nasional Kepulaun Seribu, Ujung Kulon;
3. Taman Nasional Baluran;
4. Taman Nasional Rinjani, Komodo, Kelimutu;
5. Taman Nasional Gunung Palung, Danau Sentarum, Betung Kerihun;
6. Taman Nasional Bunaken, Kepulaun Togean, Wakatobi.

Jangan lewatkan untuk temu kenali negeri sendiri yang banyak ragam dan budaya yang tentunya perlu kita jaga dan dilestarikan, siapa lagi yang akan bangga dengan kekayaan alam ini selain kita bangsa Indonesia.

Sumber Teh Lina



Artikel Terkait:

1 komentar:

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.