Taman Jesper.

Indahnya Taman Jesper Di Tasikmalaya



Kabupaten Tasikmalaya dibelah oleh Sungai Cimedang yang berada di lebatnya hutan. Panjang aliran Sungai Cimedang sendiri mencapai 70 kilometer, dan memiliki batuan jesper hasil sedimentasi gunung bawah tanah.

Taman Jesper di Tasikmalaya ini sejarahnya adalah sebuah gunung berapi bawah laut yang aktif sekitar 25 juta tahun lalu. Semburan material gunung api mengeluarkan timah hitam, logam, sulfat dan tembaga dari dalam perut bumi. Material tersebut mengeras dan membentuk batuan berwarna-warni seperti merah, coklat dan kuning yang menawan. Itulah yang disebut dengan batu Jesper.

Batu Jesper sangat keras, halus dan mengkilap. Hulu Sungai Cimedang di Gunung Bongkok dan mengalir sepanjang 70 kilometer melintasi Tasikmalaya dan Ciamis hingga ke Kalapagenep, menampilkan keindahan batu jesper yang sangat indah.

Desa Cibuniasih, tempat di mana batu jesper sangat banyak ditemukan, disebut juga Taman Jesper Raksasa. Salah satu bentuk yang bagus adalah yang setinggi 3 meter dan mirip dengan kukusan nasi. Juni – Agustus adalah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Taman Jesper Tasikmalaya, karena saat itu adalah musim kemarau. Air Sungai Cimedang yang jernih dan tak begitu dalam, menyebabkan batu jesper terlihat indah.
Bagi yang ingin menantang adrenalin, arung jeram sepanjang 9 kilometer dari Rantobatang menuju Pasirgintung bisa dilakukan di Sungai Cimedang.
Tapi kelemahannya adalah, objek wisata ini belum memiliki tempat penginapan, sehingga teman-teman harus menginap di rumah penduduk jika mau bermalam. Atau, menginaplah di Pangandaran, 25 kilometer dari Taman Jesper di Tasikmalaya.

Sumber JALANJALANYUK.COM



Artikel Terkait:

3 komentar:

  1. Hello, I visit and give your full support and please support me back. Thank you in advance.

    BalasHapus
  2. Indonesia memang indah sob , senang jika bisa berlibur kesana.

    BalasHapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.