Pesona Pantai Popoh.

Pesona Tempat Wisata Pantai Popoh di Tulungagung, Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur memiliki garis pantai yang lebih panjang dibanding provinsi lain di Pulau Jawa. Jawa Timur juga mempunyai gugusan pulau kecil berjumlah ratusan pulau. Keindahan tempat wisata pantai di Jawa Timur menjadi daya tarik tersendiri bagi iklim wisata di Pulau Jawa Secara umum, pantai di Jawa Timur dibagi menjadi tiga, yaitu kawasan pantai utara (pantura), daerah tapal kuda, dan pantai selatan.
Salah satu tempat wisata di pantai selatan Pulau Jawa adalah Pantai Popoh. Secara geografis, Pantai Popoh terletak di Kabupaten Tulungagung, provinsi Jawa Timur.
Letak Pantai Popoh bersebelahan dengan Pantai Prigi yang masuk kawasan Kabupaten Trenggalek. Pantai Popoh saat ini dikembangkan oleh Pemerintah Daerah setempat sebagai kawasan wisata alam dan pemasaran hasil kerajinan rakyat.

Perbedaan Pantai Popoh Bagian Barat dan Timur
Pantai Popoh dibagi menjadi dua kawasan, yaitu bagian barat dan bagian timur. Pantai Popoh bagian timur merupakan wilayah yang terjal dan berbatu-batu. Wisatawan tidak bisa jalan-jalan di pesisir pantai sebelah timur ini. Sebagaimana wilayah pantai selatan lainnya, ombak di Pantai Popoh sangat besar. Walau sudah dipasang pagar pengaman, setiap pengunjung harus selalu waspada saat berada di tepi tebing yang curam di Popoh bagian timur.

Lain halnya dengan Pantai Popoh bagian barat. Kawasan barat terbilang lebih landai dan berombak kecil. Tempat wisata di bagian barat ini merupakan lokasi parkir perahu-perahu wisata yang bisa disewa oleh wisatawan. Bagian barat Popoh lebih crowded daripada bagian timur. Disana banyak nelayan yang hilir mudik mengangkut ikan hasil tangkapan semalam. Pada bagian barat Popoh juga terdapat kios-kios rakyat yang menjajakan beragam makanan khas Tulungagung dan hasil kerajinan masyarakat setempat.

Antara kawasan timur dan barat Pantai Popoh dipisahkan oleh hutan mangrove yang luas. Jalan yang menghubungkan kedua kawasan adalah berupa jalan berundak dan cukup panjang. Itulah area yang bisa wisatawan gunakan untuk olahraga jalan kaki sambil menghirup udara segar kawasan pantai. Kawasan mangrove tersebut banyak digunakan oleh pasangan muda-mudi yang ingin berdua-duaan saja tanpa mau diganggu oleh orang lain.

Melipir Ke Pantai Prigi di Kabupaten Trenggalek
Pantai Popoh dan Pantai Prigi jaraknya tak lebih dari 5 km. Kendati demikian, kedua wilayah tersebut berada pada kabupaten yang berbeda. Dan uniknya, kedua pantai memiliki karakter yang berbeda. Jika Pantai Popoh memiliki ombak yang besar, maka ombak Pantai Prigi tidak terlalu besar. Mungkin hal ini disebabkan karena teluk yang dibentuk Prigi lebih cekung dan lebih luas sehingga hantaman ombak dari Samudera Hindia tertahan lebih dulu oleh daratan di kawasan pantai Munjungan dan Popoh.

Pantai Prigi memiliki kondisi pantai yang lebih baik dan lebih bersih dibanding Pantai Popoh. Hamparan pasir pantai yang luas menambah kedamaian setiap turis yang berkunjung di tempat wisata di Trenggalek tersebut. Secara umum, Pantai Prigi adalah tempat wisata yang nyaman untuk melepas penat pekerjaan sehari-hari. Ombak kecil, pasir putih, dan suasana sepi. Kombinasi sempurna untuk liburan ideal Anda.

Berburu Oleh-oleh Khas Kabupaten Tulungagung
Kabupaten Tulungagung dikenal sebagai daerah penghasil makanan ringan kacang shanghai yang enak dan berkualitas. Tulungagung memiliki ribuan sentra industri makanan dengan bahan baku kacang. Oleh karena itu, oleh-oleh khas Tulungagung yang banyak dijual warga adalah makanan kacang atom dan kacang shanghai. Sebagian pusat oleh-oleh menjual benda seni yang berhubungan dengan kesenian kuda lumping, campursari, dan reog.

Sebagai kawasan wisata pantai, Pantai Popoh dan Pantai Prigi menjual aneka jenis ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Kedua tempat wisata di Jawa Timur tersebut sangat ramai pada pagi hari karena aktifitas perdagangan ikan laut. Kegiatan ini menimbulkan bau tak sedap pada sebagian kawasan wisata. Pengelola tempat wisata seharusnya bisa menata lokasi lebih rapi lagi sehingga acara liburan tidak terganggu bau kurang sedap.

Mungkin itulah resiko yang kita dapatkan kalau liburan ke tempat wisata yang berupa pantai dan terdapat tempat pelelangan ikan yang menyatu. Over all, Pantai Popoh dan Pantai Prigi sangat layak dikunjungi selama liburan Anda. Udara pantai yang segar, alam pegunungan yang hijau, dan hasil laut yang melimpah. Ketiga hal tersebut mendukung terciptanya iklim wisata yang kondusif di Jawa Timur.

Dikutip dari http://tempatwisata.web.id

Artikel Terkait:

10 komentar:

  1. kalau saya akan lebih memilih pantai popoh bagian barat klaw bgtu, soalnya pantai Popoh bagian timur merupakan wilayah yang terjal dan berbatu walaupun sudah pagar pengamanx :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob..salam hangat untuk kawanku..

      Hapus
  2. Wah..... pantai ini udah deket ama tempatku ni, jika kawan2 semua ke pantai popoh atau prigi silahkan mampir ke tempatku juga ya..... !

    oh iya kak, follow bwck berhasil, member 351.

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pagi..trimakasih kunjungan dan komentnya...salam hangat selalu...

      Hapus
  3. hohohohoho nih pantai di kota ane gan, pantai popoh, sayangnya pengurusan tempat wisata tersebut kurang bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. o..begitu..mungkin masih kurang tenaga ahlinya gan..smg cepat di perhatikan sm yng berwenang gan...salam...

      Hapus
  4. Hmmm... mau tidak mau ane harus memuji nih, Pantai Popoh memang indah dan mengesankan terutama bagi yang tengah menjalin hubungan untuk meunuju ke jenjang pernikahan. Sebab, pantai inimemang romantis banget!
    Thanks sudah share... salam sahabat

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...romantis banget komentnya sob...trimakasih kunjungan dan komentnya...salam sukses...

      Hapus
  5. klo menurut ane sih tempat yang berkesan bagi yang menjakin hubungan menuju ke jenjang pernikahan, bukan pantai popoh, tapi KUA. hohohohohohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma buat sarana PDKT sob..setelah cocok baru ke KUA...hehehe...

      Hapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.