Burung Merak Hijau


Burung Merak Hijau (Pavo muticus) dalam lampiran PP No. 7 tahun 1999 hanya ditulis burung Merak adalah salah satu burung dari tiga spesies merak. Seperti burung-burung lainnya yang ditemukan di suku Phasianidae, Merak Hijau mempunyai bulu yang indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa berukuran sangat besar, panjangnya dapat mencapai 300cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang. Di atas kepalanya terdapat jambul tegak. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan. Bulu-bulunya kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa dihiasi bulu penutup ekor.


Populasi Merak Hijau tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di Republik Rakyat Cina, Indocina dan Jawa, Indonesia. Sebelumnya Merak Hijau ditemukan juga di India, Bangladesh dan Malaysia, namun sekarang telah punah di sana. Walaupun berukuran sangat besar, Merak Hijau adalah burung yang pandai terbang. Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu penutup ekor dibuka membentuk kipas dengan bintik berbentuk mata. Burung betina menetaskan tiga sampai enam telur.

Pakan burung Merak Hijau terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil.

Dikutip dari http://blogmhariyanto.blogspot.com

Artikel Terkait:

8 komentar:

  1. berati merak teramsuk pemakan segala juga nich

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya begitu gan..trimakasih kunjungan and komentnya gan...salam..

      Hapus
  2. Sangat bagus sekali postingannya sobat, ternyata merak ini benar2 cantik, dan sungguh mempesona..kalau di jawa ada saya mau juga untuk membelinya sobat...hehehe...
    terima kasih sobat
    salam Indonesia ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pagi..trimakasih komentnya...salam persahabatan...

      Hapus
  3. hmm sayang udah punah, padahal nih burung keren banget!, indah juga... pasti kepunahnya menurut saya sekitar 60% ulah manusia (mungkin) he he!!..

    Seep thanks sharingnya brother, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungan dan komentnya...salam...

      Hapus
  4. selalu aku jumpa di kampus. duduk tinggi di atas bumbung. pelik juga merak pendai terbang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pagi..trimakasih kunjungannya...salam..

      Hapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.