Pantai Kartini.


PANTAI KARTINI




Obyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek wisata ini berada di kelurahan Bulu kecamatan Jepara dan merupakan obyek wisata alam yang menjadi dambaan wisatawan.Berbagai sarana pendukung seperti dermaga, sebagian aquarium Kura-kura, motel, permainan anak-anak (komedi putar, mandi bola, perahu arus), dan lain-lain telah tersedia untuk para pengunjung. Suasana di sekitar pantai yang cukup sejuk memang memberikan kesan tersendiri buat pengunjung, sehingga tempat ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga atau acara santai lainnya.


Ditempat ini pula para pengunjung dapat melepaskan lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo sambil menghirup udara segar bersama terpaan angin laut. Terdapat pula deretan toko souvenir kerajinan laut yang dapat dijadikan buah tangan para wisatawan.

Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Sekarang juga sudah tersedia sarana transportasi ke Karimunjawa dari dermaga Pantai Kartini yaitu KMP. MURIA (waktu tempuh 6 jam) dan Kapal Cepat KARTINI I (waktu tempuh 2,5 jam).

Selain itu Pantai Kartini tidak bisa lepas dari suatu event tradisional yang disebut “LOMBAN”. Event ini merupakan event budaya milik masyarakat Kabupaten Jepara yang berlangsung selama 1 hari tepatnya pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.
Sebetulnya nama obyek wisata Pantai Kartini lebih dikenal dengan sebutan “PEMANDIAN” pikiran mereka langsung tertuju pada satu maksud yaitu Pantai Kartini, bukan obyek wisata yang lain. Istilah “PEMANDIAN” berasal dari kata “MANDI” yang mengandung pengertian “tempat untuk mandi”.
Pemakaian kata tersebut kiranya pantas, karena di kawasan obyek wisata Pantai Kartini terdapat sebuah tempat khusus untuk mandi bagi pengunjung pada saat sedang berkunjung. Tempat tersebut memang cocok untuk mandi karena airnya sangat jernih dan lokasi pantainya bersih juga letaknya agak jauh dari keramaian pengunjung.

Letak tempat tersebut tepatnya berada di bagian pantai yang paling barat dan oleh masyarakat dikenal dengan sebutan “PONCOL”. Biasanya para pengunjung melakukan mandi di tempat ini pada waktu fajar dan sore menjelang senja sekaligus menyaksikan keindahan sunset. Sampai sekarang lokasi ini masih tetap digunakan untuk mandi para penderita sakit kulit gatal-gatal, & rematik dengan harapan sakitnya segera sembuh.
Sementara itu diriwayatkan bahwa komplek Pantai Kartini dulu merupakan sebuah pulau yang banyak ditumbuhi rerimbunan tanaman kelor, sehingga pulau tersebut terkenal dengan sebutan Pulau KELOR. Saat itu pulau Kelor masih terpisah dengan daratan di Jepara.
Oleh karena proses sedimentas, maka lama kelamaan antara pulau-pulau tersebut bersatu. Pulau Kelor dulu didiami oleh seorang Melayu bernama Encik Lanang atas jasanya dalam membantu Belanda dalam perang Bali.
Di komplek Pantai Kartini pula sekaligus tempat pemakaman Encik Lanang dan sampai sekarang makam tersebut selalu diziarahi oleh para nelayan sebelum pesta lomban berlangsung.
Selain itu Pantai Kartini juga merupakan bukti sejarah yang tidak akan lepas/sirna dari kehidupan pribadi tokoh emansipasi wanits RA Kartini. Pantai yang jaraknya tidak begitu jauh dari rumah kediaman (Pendopo Kabupaten) dimana beliau dibesarkan ini memang dulu menjadi daerah tujuan wisata bagi keluarga/kerabat Kabupaten untuk beristirahat dan melepas lelah.
Di pantai ini pula RA Kartini pada masa kecilnya sering bermain-main dan bercanda ria bersama-sama saudaranya. Akhirnya sebagai ungkapan penghargaan dan untuk mengingat kebesaran perjuangan RA Kartini maka pantai tersebut dinamakan “PANTAI KARTINI”.

Dikutip dari http://www.ticjepara.com



Artikel Terkait:

18 komentar:

  1. wah.. kayaknya keren tu pantai.. jadi penasaran sob. hehe. nice post & happy blogging :)

    BalasHapus
  2. Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer senilai @Rp.900.000 dan voucher belanja.
    Info lengkapnya bisa cek disini http://www.anugrahpratama.com/shop/blog/77/
    atau http://www.facebook.com/anugrahpratamacom
    Terima kasih

    BalasHapus
  3. @Ahmad Zuhdi Travelife ia sob..pantai yang cukup indah..trimakasih komentnya..salam..

    BalasHapus
  4. @Anonim. slmt sore..trimakasih infonya gan..dan trimakasih juga telah berkunjung ksesini...salam..

    BalasHapus
  5. pantai...??? hmmm... tempat favorit ane tuh. cuma kdg waktu belumlah berpihak.
    sip sob, bisa jadi bahan pertimbangan ane kalo ada rencana liburan k pantai.

    keep posting and salam blogger ^^

    BalasHapus
  6. @Jejak Puisi semoga ada waktu dan dana untuk kesana sob...trimakasih komentnya...salam..

    BalasHapus
  7. memang Top Indonesia dengan Wisatanya....n indonesia2000 memang top dengan blognya....(^_^)

    BalasHapus
  8. @mrofiuddin selamat pagi gan..ah agan bisa aja..cuma itu yng bisa aku perbuat..o ya trimakasih komentnya..salam persahabatan..

    BalasHapus
  9. nice share sob...Indonesia emang bener2 kaya akan keindahan alamnya. salam kenal sob

    BalasHapus
  10. @Kaifa slmt sore...salam kenal kembali..trimakasih atas responnya...salam..

    BalasHapus
  11. Kunjungan malam sobattt
    Berkunjung ke pantai ini sambil mengenang jasa- jasa RA Kartini :)

    BalasHapus
  12. @rizki_ris trimakasih kunjungannya gan..baru bisa dibalas pagi ini..memang aku ga bisa online malam gan, matanya ga kuat natap monitor,
    maklum dah tua..hehehe..salam..

    BalasHapus
  13. Artikel yang bagus. rasa-rasanya melihat deskripsi dari artikel di atas pantai kartini sepertinya layak di jadikan agenda untuk tempat berlibur ya.Salam sukses

    BalasHapus
  14. wah ane pernah kesini sob...

    indah pantainya, seindah jasa RA KARTINI

    BalasHapus
  15. @Ary_Putra slmt sore...silahkan dikunjungi aja gan..kl hoby rekreasi sambil mengenang jasa RA Kartini..salam..

    BalasHapus
  16. @earth-inside oke gan..trimakasih komentnya...sala...

    BalasHapus
  17. wah udah lama g kesini sob...hhee gmana y sekarang keadaannya..

    BalasHapus
  18. @mipta o ia gan trimakasih kunjungan dan komentnya...dan masih dalam keadaan baik2 saja...

    BalasHapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.