Gandaria.


Gandaria (Bouea macrophylla)


Berikut  informasi tentang tanaman pohon gandaria.
Gandaria (Bouea macrophylla Griffith)atau nama lokal lainnya jatake adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand.

Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria.
Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan.

Tanaman berupa pohon dengan ketinggian hingga 27 m dengan tajuk rapat. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong sampai bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, kemudia berangsur ungu tua, lalu menjadi hijau tua. Perbungaannya malai, muncul di ketiak daun, Buahnya bertipe buah batu, berbentuk agak bulat, berdiameter 2,5-5 cm, berwarna kuning sampai jingga, daging buahnya mengeluarkan cairan kental; buahnya tidak berbulu, rasanya asam sampai manis, dengan bau yang khas agak mendekati bau terpentin. Keping biji berwarna lembayung.

Gandaria adalah tumbuhan tropik basah dan dapat tumbuh pada tanah yang ringan dan subur. Tumbuh liar di hutan dataran rendah di bawah 300 m dpl., tetapi dalam pembudidayaan telah berhasil ditanam pada ketinggian sekitar 850 m dpl.

Sumber http://www.adipedia.com



Artikel Terkait:

6 komentar:

  1. seperti buah sawo ya. entar kalo ke kalimantan boleh neh di coba

    BalasHapus
  2. @rusydi hikmawan ia gan..tapi gandaria ini besarnya seperti buah duku cm agak besar sedikit..dulu saya ada beberapa pohon, tp sekarang dah ga ada..dan didaerah sy sudah sulit carinya...trima kasih komentnya..

    BalasHapus
  3. pernah denger sih buah gandaria, tp baru kali ini lihatnya... :) yg dimakan bagian mananya sob?

    BalasHapus
  4. @souvenir tasbih cantik yang dimakan daging buahnya, kulitnya tipis sekali, sedangkan bijinya bisa dibuang saja, daun mudanya bisa buat lalap di makan bersama sambal terasi..huh nikmat sekali...sayang memang sekarang disementara daerah seperti di Jakarta sudah sulit dicari...trimakasih komentnya..salam..

    BalasHapus
  5. di malaysia apa nama buah ni?

    BalasHapus
  6. wah .. bener warnanya kaya buah sawo .. hmm kalo rasanya gimana yah tuh .. :P

    BalasHapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.