Panjat Tebing.


Tebing Panjat Di Jawa Dan Bali.




Ciampea
Tebing kapur ini terletak sekitar 15 km di sebelah selatan pusat kota Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Ketinggian tebing sekitar 30 – 45 m. Pada dinding yang tak begitu lebar itu terdapat lima jalur atau lintasan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi ( Jalur Putih, Jalur Kambing, Jalur Intifada, Jalur Bycycle, dan Jalur Toke ). Kemiringan dinding dari slab sampai vertical. Lokasi ini merupakan lokasi ideal untuk para pemula berlatih.



Kelapa Nunggal
Tebing yang mempunyai tingkat kesulitan cukup tinggi ini teletak di kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, tak jauh dari pabrik semen Cibinong. Ketinggian tebing sekitar 1 pitch ( 45 m ). Pada hampir semua jalur yang sudah dicoba, pada awal jalur merupakan overhang yang minim pegangan, dengan keadaan seperti itu, tebing Kelapa Nunggal ini termasuk tebing dengan kategori sulit dan bukan untuk pemula.

Citatah
Tebing Citatah merupakan tonggak awal sejarah perkembangan panjat tebing di Indonesia. Tebing kebanggaan para pemanjat Bandung ini terletak di Desa Cipatat, Padalarang, Bandung yang tak jauh dengan lokasi pertambangan marmer dan batu kapur. Jenis batuan pada tebing ini adalah karst, tingkat kesulitan bervariasi. Tebing 125 dan tebing tebing 48 merupakan tebing pilihan para pemanjat, disamping mudah dijangkau terdapat banyak jalur yang dapat dipanjat.

Parang
Tebing Parang terletak di kampung Cihuni, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat di sisi selatan Waduk Jatiluhur. Tebing yang terdiri dari 3 buah tower ini membentang sepanjang 1,5 km ke arah utara selatan. Ketinggian tower 1 adalah 950 mdpl, tower 2 adalah 900 mdpl, dan tower 3 adalah 875 mdpl. Jenis batuan tebing ini adalah andesit. Lintasan di tebing ini rata - rata slab dan beberapa lintasan adalah dinding vertikal. Tingkat kesulitan secara umum dinding ini adalah VI, 5.9, A 1. Dinding ini pertama kali dipanjat tahun 1980 oleh kelompok Skygers.

Tebing Gunung Bongkok
Tebing ini terletak di desa Sukamulya, Purwakarta, Jawa Barat. Tebing terbentuk oleh batuan andesit. Tinggi tebing sekitar 40 meter dengan lebar dinding 27 meter dan 25 meter. Jalur yang sudah di panjat tercatat 3 jalur yaitu Psyco Matters I dan II atas nama Djati Pranoto, Ujan, Mamay, Ipul, Asep, dan Galih serta jalur Alex dan Michael.

Parangtritis
Tebing - tebing kapur di kawasan ini cukup menantang. Pada umumnya tebing yang dipanjat adalah tebing - tebing yang terletak di kawasan Parangendog, di sebelah timur pantai Parangtritis. Dari kejauhan tebing-tebing ini terlihat berwarna putih berjajar. Ketinggian tebing berkisar antara 25 sampai 50 meter dengan tingkat kesulitan yang bervariasi dari mudah sampai sulit.

Bukit Tanggul
Bukit Tanggul menjulang di bagian selatan Kabupaten Tulung Agung, Jawa Timur. Bukit yang mirip stupa ini termasuk ke dalam wilayah kelurahan Keboireng, Kecamatan Besuki dan terletak di dalam hutan jati yang cukup lebat. Tebing ini merupakan tebing andesit dengan puncak tertingginya sekitar 400 meter dan lebar sekitar 1 km. Kemiringan tebing sekitar 70 derajat sampai 90 derajat. Tonjolan dan rekahan dinding cukup banyak. Data sampai dengan tahun 1991, baru tiga jalur yang dibuat yaitu oleh Tim Panjat tebing Yogyakarta / TPTY ( 1989 ), Tim Mapagama UGM ( 1990 ), dan Tim Srikandi TPTY.

Sepikul, Watu Limo
Di tengah hutan jati yang terletak di desa Watu Agung, kecamatan Watu Limo, Trenggalek, Jatim berdirilah gunung batu yang diberi nama Sepikul. Terdiri dari dua buah tower, tower I tingginya sekitar 250 m, dan tower II tingginya 200 m. Jenis batuannya adalah andesit. Tebing ini merupakan salah satu tebing favorit pemanjat tebing di daerah Jawa Timur. Beberapa ekspedisi telah dilakukan di tower I maupun tower II.

Tebing Zebra
Tebing Zebra terletak di Lembah Panceng, Ujung Pangkah yang masuk ke dalam wilayah Gresik, Jawa Timur. Dinamai Tebing Zebra karena dinding tebing ini bermotif seperti Zebra yang mempunyai belang warna hitam dan putih. Tebing ini merupakan tebing kapur terjal yang mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Tingkat kesulitan bervariasi, beberapa jalur yang sudah dibuat mempunyai tingkat kesulitan sampai 5.12 c. Pada tebing ini sekurang - kurangnya telah dibuat sekitar 10 jalur.

Uluwatu
Uluwatu memang beda, tebing karang yang terletak di pinggir laut selatan di sisi selatan Pulau, Bali itu sungguh menantang. Tebing yang tingginya berkisar antara 75 - 100 m itu mempunyai banyak jalur untuk dipanjat. Sebagian jalur harus dituruni telebih dahulu baru dipanjat karena tidak ada pantainya, sebagian lain dapat langsung dipanjat dari karena terdapat pantai meskkipun sempit. Tingkat kesulitan bervariasi dari mudah sampai sulit. Relief dinding cenderung tajam - tajam.

Informasi lebih jelas simak BELANTARA INDONESIA.



Artikel Terkait:

15 komentar:

  1. Datang balik yah :) Muuuuuuuuuuuach :) Hehehe

    http://www.melodramaticmind.com/2012/02/kiatvalentinedaygiftcarddalamislamvalen.html

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik.
    Salam kenal dan happy blogging.

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas kerjasamanya.....salam rimba Indonesia..

    BalasHapus
  4. pokoknya... i love indonesia... keren banget artikelnya

    keep posting sob and tunjukkan kalo Indonesia itu kaya ^_^

    salam blogger

    BalasHapus
  5. Selamat pagi sob
    bagus postingnya
    gambarnya hebat ya

    BalasHapus
  6. i Love Indonesia,, banyak tempat2 yg indah-indaah....

    BalasHapus
  7. @Valentin Day
    @Sweethy Amore
    @Elang Rinjani
    @Jejak Puisi
    @SAZLINA COMP
    @Lilik
    Trimakasih komentnya..maaf jawabnya sekalian aja ya...

    BalasHapus
  8. keren, saga hobi sekali panjat tebing saya biasa menyebutnya clibing hehe, nice artikel :)

    BalasHapus
  9. @galer vodgals : slmt sore..trimakasih komentnya...

    BalasHapus
  10. salm kenal admin blog,
    ngomong ngomong panjat tebing jadi pengen nyoba nih

    BalasHapus
  11. @Ahmad Saadillah salam kenal kembali..silahkan kelokasi gan..smg berhasil...

    BalasHapus
  12. @Diat
    kalo hoby silahkan gan pasti berhasil..trimakasih komentnya...

    BalasHapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.