Pantai-pantai Cantik di Flores

Kepulauan di Nusa Tenggara Timur ini punya banyak pantai yang tak kalah mempesona. Bahkan di antaranya adalah yang paling cantik di Indoensia, seperti pantai-pantai berikut ini :

Pantai Adonara
Tak ada habisnya membicarakan keindahan alam milik Flores. Salah satunya yang masih tersembunyi adalah pantai Pulau Adonara. Keindahan bukit hijau yang mengelilingi, semakin sempurna dengan birunya laut dan putihnya langit.
Sempurna adalah kata yang tepat untuk mewakilkan pantai di pulau ini. Sejauh mata memandang, hanya keindahan yang bisa di saksikan. Apa lagi pemandangan Laut Flores dan Selat Solor yang makin memperkaya keindahan alam di sini. Semuanya benar-benar terlihat bagai lukisan.
Pantai ini bisa di tempuh dari Kota Larantuka dengan menggunakan kapal kayu.
Sebuah bukit hijau berpayung awan putih menjadi pemandangan pertama yang bisa di saksikan ketika sampai. Pantai ini memiliki laut yang biru dan jernih, menjadi pendamping sempurna dengan bukit di sebelahnya. Ikan-ikan kecil jelas terlihat dari permukaan. Ya, tanpa perlu alat snorkeling, pemandangan bawah lautnya bisa di saksikan. Semua bagian pantai terlihat sangat bersih, juga tak ada sampah yang mengotori lautnya.


Pink Beach
Flores memang tak lepas dari Pulau Komodo yang eksotis. Selain hewan yang sudah langka, pulau ini juga punya pantai yang tak kalah mempesonanya. Namanya adalah Pink Beach atau Pantai Pink. Pantai unik ini sudah berhasil memikat banyak wisatawan. Dari jauh, pasir ini tidak akan terlihat pink melainkan hanya putih biasa. Datanglah ke tepiannya dan tunggu sampai ombak menjilat tepian pasir. Warna pink akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering. Warna merah muda yang ada di pasir ini merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana. Cobalah berenang dan nikmati segarnya air nan biru itu. Jika takut tenggelam, bisa menggunakan pelampung dan jangan lupa menggunakan perlengkapan snorkeling agar bisa menikmati pemandangan di bawah lautnya. Jika beruntung, bisa bertemu ikan pari yang sedang asyik bermain pasir di dasar yang tidak terlalu dalam. Tepian Pantai Pink adalah surga bawah laut yang membuat siapapun berdecak kagum. Tak perlu menyelam terlalu jauh karena pemandangan cantik ini bisa dinikmati hanya dalam kedalaman tak sampai 1 meter.

Pantai Penggajawa
Namun, pesona Flores tidak hanya di Pulau Komodo saja. Ende juga punya pantai yang memiliki pemandangan memukau, yaitu Pantai Penggajawa. Debur ombak yang tinggi, panjangnya garis pantai yang dipenuhi bebatuan hijau, dan putihnya pasir menjadikan Pantai Penggajawa sebagai destinasi wajib saat ke Ende. Ya, batuan hijau adalah salah satu di antara keindahan lainnya di pantai ini. Uniknya, batuan hijau ini berasal dari dasar laut Penggajawa. Dengan bantuan ombak, batuan tersebut terdampar di Pantai Penggajawa. Tidak ada yang tahu asal muasal asli bebatun tersebut, tapi warga sekitar percaya batuan itu berasal dari dasar laut yang terbawa ombak, hingga sampai ke pinggiran pantai. Terlepas dari batuan hijaunya, Penggajawa termasuk pantai yang sepi dikunjungi wisatawan. Salah satu spot terbaik untuk melihat panorama pantai adalah dari bukit yang berdiri tegak di kanan dan kiri pantai. Perbukitan di pulau depan pantai, tampak sempurna ditutupi awan tipis.

Pantai Endau
Masih di Ende, ada lagi pantai yang tak kalah cantik dibanding Pantai Penggajawa. Namanya Pantai Endau, ini adalah tempat untuk menyaksikan sunset yang paling indah di Nusa Tenggara Timur. Datanglah pada sore hari dan tangkap momen paling cantik di Pantai Endau, tenggelamnya sang matahari. Waktu terbaik untuk menangkap sunset adalah sekitar pukul 17.30 Wita. Saat itu sang surya tampak berwarna jingga kemerahan. Pelan-pelan ia bersembunyi di balik awan dan lama-lama menghilang. Selain sunset, keindahan Pulau Endau semakin bertambah dengan adanya bukit hijau yang mengelilingi pantai. Debur ombak yang besar menambah kesan elok Pantai Endau. Cobalah berjalan dan jejakkan kaki di pasir hitamnya dan rasakan kehalusannya. Berjalan perlahan, jangan terburu-buru karena pasir hitam nan halus siap menenggelamkan kaki telanjang. Pantai Endau memiliki ombak yg cukup besar, oleh karena itu cocok untuk yang senang dengan olahraga selancar. Jika tidak suka berselancar, bisa bermain-main di pesisir pantainya. Terkadang, beberapa pengunjung yang datang menghabiskan waktu dengan bermain bola. Keempat pantai tadi adalah yang paling terkenal di Flores. Masih banyak lagi pantai di kepulauan ini yang belum terjamah.

Sumber http://travel.detik.com

Artikel Terkait:

29 komentar:

  1. Saya baru tau, ternyata banyak pantai cantik di Flores...

    BalasHapus
  2. betul sob..trimakasih komentnya..slmt pagi and salam persahabatan..

    BalasHapus
  3. saya jadi ingin main ke pantai nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga keinginannya tercapai gan...salam..

      Hapus
  4. Tetep sama soB komentar saya. Pemerintah Daerah kurang tanggap dalam memanfaatkan dan mempromosikan keindahan dan panorama alam daerahnya kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Indah nan elok bener alam Indonesia, tidak bisa dipungkiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. barangkali pertimbangan dana gan...smg kedepan lebih aktif lagi Pemda dalam menangani wisata..trimakasih gan..salam..

      Hapus
    2. Bener juga Gan. Tapi di Kabupaten tetangga Ane, tepatnya Lamongan dan Tuban keren juga geliat pariwisatanya, meskipun masih didominasi wisatawan lokal. Mungkin untuk mencapai sesuatu yg lebih baik harus berani berkorban dulu Gan. betul gak ?? hehe

      Hapus
    3. ia...sekitar 100 meter dari tempat tinggalku ada tempat wisata..namanya Situ Babakan...geliatnya lambat sekali..sudah 15 tahun belum tuntas...padahal potensinya besar sekali...sepertinya kurang modal...thanks...

      Hapus
  5. Balasan
    1. salam kenal kembali..trimakasih kunjungannya..salam..

      Hapus
  6. salam kenal, follow 407, dan tukaran link sudah dilaksanakan, tolong follow kembali dan pasang banner ane ya sob, silahkan cek dan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap sob..laksanakan...hehehe...trimakasih...

      Hapus
  7. salam sahabt.
    Nambah pengetahuanku lg ni.x sabar rasa hati ingin ke sana.boleh enggak sahabt nulis jaraknya dari airport ke sana bg setiap pantai.maaf sahabt..nyusah aja nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. o..maaf sob aku tidak tahu jaraknya..trimakasih kunjungan and komentnya...salam..

      Hapus
  8. With a victory of Belgium against Scotland....olé olé...greetings my friend

    BalasHapus
  9. ternyata banyak tempat2 indah di indonesia yang belum saya ketahui, mantep dech sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih kunjungan dan komentnya...salam persahabatan..

      Hapus
  10. Balasan
    1. trimakasih kunjungannya sob...salam..

      Hapus
  11. sayang sob,..foto2nya tidak disertakan juga biar mata ini dimanjakan dengan pemandangan yang indah,sekalipun tidak berada disana tapi lewat gambar,semuanya seakan menjadi nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungan dan komentnya gan..salam...

      Hapus
  12. di pulau madura juga ada tempat wisata seperti pantai itu maz bro. mungkin bisa di masukkan sebagai artikel blognya. terima kasih

    BalasHapus
  13. makasih ya atas postingannya diatas..
    bagi teman-teman silahkan kunjungi

    SEO Tutorial - Gold

    Azwar Suaib

    Stasiun Antariksa

    Jgn lupa kunjung balik :)

    BalasHapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.