Taman Tirta Gangga

Karangasem adalah sebuah kabupaten yang ada di Provinsi Bali, Indonesia. Di sana, tepatnya di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali ada sebuah obyek wisata yang disebut sebagai “Taman Tirta Gangga”. Letaknya berdekatan dengan Puri Karangasem, Taman Ujung Karangasem dan Taman Tulamben. Taman yang luasnya sekitar 1,8 hektar ini dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem terakhir, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem (dahulu bernama I Gusti Bagus Djelantik), dan kemudian diwariskan kepada sepuluh orang puteranya untuk dijadikan milik bersama (driwe tengah). Pada tahun 1981 pengelolaan Taman Tirta Gangga diberikan sepenuhnya kepada Dr. Anak Agung Made Djelantik.


Dahulu sebelum dijadikan sebagai sebuah taman, daerah ini oleh penduduk setempat disebut sebagai “embukan” (mata air), karena terdapat sebuah mata air yang cukup besar. Mata air ini digunakan sebagai air minum dan juga air suci sehingga disakralkan oleh penduduk sekitarnya. Namun, setelah Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem melihat tempat tersebut, ia lantas berniat untuk membuat sebuah taman yang fungsi utamanya adalah sebagai tempat pemandian. Dan, setelah taman tersebut selesai dibangun, kemudian diberinya nama Tirta Gangga.

Di dalam kompleks Taman Tirta Gangga yang dibangun oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu: tempat suci, mata air, bangunan pelindung mata air, menara air, aneka ragam bentuk kolam besar dan kecil, pancuran, tempat pemeliharaan ikan hias, aneka tanaman dan bunga-bungaan. Seluruh isi Taman Tirta Gangga ini merupakan wujud dari suatu keharmonisan hubungan antara manusia, alam dan budaya yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Dan, sebagai tempat yang saat ini menjadi obyek wisata, Taman Tirta Gangga dilengkapi pula dengan fasilitas khas tempat rekreasi, seperti tempat parkir, penginapan, restoran, warung-warung kecil, dan kolam renang untuk dewasa dan anak-anak.

Dikutip dari http://uun-halimah.blogspot.com

Artikel Terkait:

18 komentar:

  1. kalau sudah ke bali tidak ada salahnya nyeberang sedikit menuju lombok.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih infonya gan..trimakasih kunjungan dan komentnya...salam...

      Hapus
  2. Thanks untuk informasinya :) Bisa jadi destinasi hiburan selanjutnya.

    BalasHapus
  3. Apakah ada ulasan tentang wisata alam maupun budaya untuk daerah kalimantan barat? Karena daerah ini juga banyak terdapat site yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku coba untuk mencari artikelnya gan...trimakasih kunjungannya...salam persahabatan...

      Hapus
  4. Dibaca dari sejarahnya sangat menarik sekali untuk dikunjungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah..trimakasih komentnya...salam..

      Hapus
  5. Jadi pengiiiiin...ke Bali kemudian ke Lombok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan gan..trimakasih kunjungannya...salam..

      Hapus
  6. wah...." bs jg nih liburan kesana...

    BalasHapus
  7. bisa nih liburan kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. slmt pagi gan..trimakasih telah berkomentar..salam..

      Hapus
  8. dari dl pgn maen kesitu ga sempe-sempet, jauh cie soalnya :P, tp pengen.., thx sharenya ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. smg bs ada waktunya gan...salam..

      Hapus

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.