Goa Jepang.

Goa Jepang Bukit Tinggi - Sumatera Barat

Ketika mengunjungi bukit tinggi, tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba untuk menelusuri goa peninggalan jepang ini. Lobang (lubang) jepang merupakan bunker peninggalan jaman jepang menduduki nusantara. Gua yang menjadi basis pertahanan jepang pada saat perang dunia II dan perang asia timur raya (1942). Lubang jepang ini terletak di bukit sihanok bukit tinggi.

Lobang Jepang Bukit tinggi mempunyai 3 pintu utama (jalan Ngarai Sihanok, komplek taman Panorama dan di samping istana Bung Hatta) dan 6 pintu darurat. Namun saat ini, hanya pintu masuk di taman panorama yang digunakan sebagai pintu masuk para pengunjung sedangkan pintu-pintu lainnya ditutup. Gua buatan ini mempunyai panjang sekitar 1,5 kilometer namun sekarang banyak yang ditutup demi alasan keamanan sehingga tinggal 750 meter.


Suasana di dalam lobang jepang terasa sejuk. Dengan penerangan lampu neon di beberapa titik memunculkan suasana mistis di dalamnya. Konon menurut pemandu wisata lobang (lubang/goa) jepang, ada satu ruangan tahanan yang sekaligus berfungsi sebagai ruang penyiksaan. Salah satu kekejaman tentara jepang adalah pembunuhan tahanan dengan cara dicincang. Tidak sampai di situ, tubuh yang sudah terpotong-potong itu kemudian disiram dengan air panas dan garam untuk memastikan jasad itu sudah tak bernyawa lagi. Aura mistis inilah yang kemudian mengundang salah satu stasiun swasta nasional untuk menggunakan area ruang tahanan di goa jepang bukit tinggi ini untuk acaea uji nyali.


Terlepas itu semua, lobang jepang yang mempunyai beberapa ruangan yang digunakan sebagai ruang amunisi, ruang rapat, ruang tahanan, ruang tidur, ruang bagi pekerja romusha membengkitkan ketakjuban akan masa lalu pada proses pembuatannya. Goa jepang mempunyai tinggi 3 m, lebar 2 meter ini mengalami renovasi berupa pengerasan dinding oleh pemerintah kota bukit tinggi.

Jadi, ketika anda berwisata ke bukit tinggi, objek wisata ini jangan sampai terlewatkan. Lokasi yang di tengah kota memudahkan akses para wisatawan. Nak turun tangga yang menjadi jalan untuk masuk goa jepang memang melelahkan (128 anak tangga). Namun semuanya akan terbayar dengan apa yang tersaji di dalamnya. Kemajuan arsitektur, suasana sejuk sampai aura mistis akan membayar lunas tenaga yang telah terbuang. Di tambah lagi dengan teduhnya taman panorama dan ngarai sihanok yang terpamapang mempesona. Sungguh sebuah pengalaman berwisata yang takkan pernah anda lupakan.

gerbang utama gua atau lobang jepang bukit tinggiPintu Masuk Utama Goa Jepang - Bukit Tinggi bagi para pengunjung

Tangga untuk akses naik-turun (keluar-masuk) Goa Jepang


Pintu darurat lubang jepangLorong di dalam lobang/goa jepang menuju salah satu pintu darurat


Mini teater room di gua jepang bukit tinggiRuang mini teater, salah satu ruangan di lubang (goa) Jepang


Ruangan di dalam goa jepang yang belum selesaiSalah satu ruangan di dalam lobang jepang yang belum selesai


Ngarai Sihanok - bukit tinggiSalah satu sudut Ngarai Sihanok

Dikutip dari wisatagunungkidul.com

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih Anda telah menyimak Artikel ini.
Artikel ini kami kutip dari berbagai sumber,sebaiknya Anda simak juga sumbernya melalui link yang disediakan.
Apabila berkenan silahkan berikan komentar.